Loading COVID-19...

Tes untuk coronavirus hanya dilakukan jika ada kemungkinan besar Anda memiliki penyakit tersebut Misalnya jika:
-- Anda melakukan kontak dekat dengan seseorang dengan orang yang positif COVID-19
-- Anda bepergian ke negara atau daerah dengan risiko COVID-19 tinggi dalam 14 hari terakhir
Dalam kasus ini, Anda dapat menghubungi Tanggap COVID-19 Rokan Hulu di nomor 0811752368

Saat ini tidak ada bukti bahwa penularan coronavirus penyebab COVID-19 dari makanan. Virus seperti coronavirus tidak bisa hidup lama di luar tubuh.

Sampai saat ini, penyebab penularan masih belum diketahui secara pasti.

Hingga saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah penularan COVID-19 tetapi Anda dapat melakukan tindakan pencegahan agar tidak tertular. Diantaranya dengan :
-- Menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas/kekebalan tubuh meningkat
-- Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan alkohol 70-80% handrub sesuai langkah-langkah mencuci tangan yang benar. Mencuci tangan sampai bersih merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Dan, sebagian besar penyebaran penyakit akibat virus dan bakteri bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.
-- Ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan Anda tidak tertular. Tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan bagian dalam (bukan dengan telapak tangan) dan gunakan masker.
-- Gunakan masker penutup mulut dan hidung (tipe masker bedah) ketika Anda sakit, dan masker harus diganti secara berkala. Masker cuci pakai, tidak diperkenankan
-- Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dan cucilah tangan Anda.
-- Hindari konsumsi protein berbahan dasar hewani yang tidak diolah (mentah)/diolah setengah matang
-- Jika Anda berencana berkunjung ke daerah/negara dengan risiko tinggi COVID-19, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh Anda agar terhindar dari infeksi Coronavirus Jika Anda mengalami gejala mirip dengan gejala COVID-19 sepulang dari daerah atau negara dengan risiko tinggi COVID-19, Anda tidak perlu panik. Segera periksa ke fasilitas kesehatan terdekat dan beritahukan kepada petugas kesehatan tentang riwayat perjalanan Anda. Atau menghubungi Posko COVID-19 terdekat.

Apakah Anda mengalami Gejala COVID-19 sebagai berikut:
-- Demam suhu tinggi
-- Batuk
-- Pilek
-- Nyeri tenggorokan/menelan
-- Sesak napas
Jika ada gejala di atas DAN ada riwayat perjalanan dari negara terjangkit COVID-19 atau Anda terpapar dengan pasien Positif COVID-19, hubungi nomor darurat 0811752368 tanggap COVID-19 .

Segera hubungi nomor darurat tanggap COVID-19 Dinas Kesehatan Provinsi Riau di 0761-23810